Saturday 2 April 2011

KELEBIHAN WIDE AREA NETWORK (WAN)

    WIDE AREA NETWORK (WAN)
Wide area network (WAN) merupakan bentuk jaringan komputer yang terdiri dai LAN dan MAN. Jaringan WAN telah memenuhi berbagai kebutuhan sistem jaringan, seperti jaringan untuk publik, jaringan pada bidang perbankan, jaringan jual-beli secara online di internet, jaringan penjualan jasa dan jaringan lainya. WAN mengunakan protokol internet berupa NETWORK SERVICE PROVIDER (NSP). Tanpa NSP, maka jaringan WAN tidak akan bekerja. Dengan adanya NSP yang dihubungkan dengan jaringan WAN, maka akan membentuk suatu jaringan internet yang bersifat global. Dengan demikian, internet dapat diakses oleh orang yang akan memakai jaringan tersebut.
Jaringan WAN hanya menekankan pada fasilitas kecepatan akses transmisi sehingga memungkinkan seluruh komunikasi dapat berjalan secara lancar serta efisien. Di samping itu WAN berfungsi untuk mengontrol jumlah lalu-lintas data dan mencegah penundaan (delay)
yang berlebihan.

Jaringan WAN memiliki beberapa kelebihan, yaitu:
  • Apabila terhubung dengan jaringan internet maka transfer file pada tempat yang saling berjauhan dapat dilakukuan dengan cepat menggunakan email dan FTP (file transfer protocol)
  • Memiliki sistem jaringan yang luas sehingga dapat mencapai negara, benua, bahkan seluruh dunia.

No comments:

Post a Comment